KAI Daop 6 Masih Membuka Pengembalian Bea Bagi Penumpang Terdampak Penanganan Operasional KA Argo Bromo Anggrek, Ini Ketentuannya

Nasional15 Dilihat
banner 468x60

Perjalanan KA di Daerah Operasi 6 Yogyakarta sempat mengalami keterlambatan beberapa hari lalu dampak dari penanganan operasional Kereta Api Argo Bromo Anggrek di Stasiun Pegadenbaru, wilayah Daop 3 Cirebon pada Jumat, 1 Agustus 2025.

Hal ini mengakibatkan sejumlah perjalanan kereta api terganggu, termasuk KA keberangkatan yang berasal dari wilayah Daop 6 Yogyakarta.

banner 336x280

Feni Novida Saragih, Manager Humas Daop 6 Yk mengatakan, “Kami memohon maaf karena kondisi tersebut tentu mengganggu rencana perjalanan para pelanggan yang telah mempersiapkan perjalanan dengan baik. Untuk itu, kami menginformasikan pengembalian bea tiket sebesar 100% di luar bea pemesanan bagi pelanggan yang terdampak dan batal berangkat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.”

Feni menambahkan, hal ini merupakan bentuk tanggung jawab KAI terhadap kenyamanan para penumpangnya, dengan mengembalikan semua biaya pembelian tiket secara utuh di luar bea pemesanan.

Adapun ketentuan refund ini berlaku untuk:

1. Pengembalian bea berupa refund tiket 100% di luar bea pesan

2. Pelanggan dengan jadwal keberangkatan tanggal 1-3 Agustus 2025

3. Pelanggan pada poin 2 (dua) adalah yang tidak jadi berangkat, karena keterlambatan atau penundaan perjalanan

4. Skema pengembalian bea diberikan secara tunai jika pembatalan dilakukan di loket stasiun online, atau secara transfer jika melalui call center 121

5. Batas waktu proses pembatalan 7×24 jam dari tanggal keberangkatan yang tertera di tiketnya

“Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan yang terdampak untuk segera mengajukan proses refund sesuai ketentuan yang berlaku, sebelum waktu yang telah ditentukan habis. Untuk wilayah Daop 6 Yk loket yang melayani refund yaitu di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan,” ujar Feni

Bagi penumpang yang melakukan refund melalui call center 121, dapat menghubungi melalui telfon, ponsel maupun menu bantuan pada aplikasi Access by KAI, dengan menyiapkan data seperti kode booking kereta api, nama penumpang, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor rekening, nomor telfon dan alamat e-mail penumpang

“KAI terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan memastikan keselamatan serta kenyamanan perjalanan pelanggan. Sekali lagi, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini dan berterima kasih atas pengertian serta kesabaran seluruh pelanggan,” tutup Feni

banner 336x280

Artikel ini juga tayang di VRITIMES